METROPOLITAN AREA NETWORK DAN PENERJEMAH


METROPOLITAN AREA NETWORK
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoranpemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Contoh :
2. WIDE AREA NETWORK
WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan routerdan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Contoh :
3. WIRELESS LAN
Wireless LAN adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem [komputer] tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasiteknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.
fungsi utamanya, yaitu menghubungkan dua buah atau lebih komputer dan membentuk sebuah jaringan lokal, maka dikenallah sebuah istilah wireless LAN. Wireless LAN adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombag radi0 sebagai media transmisinya.
Contoh :

Asynchronous Transfer Mode, LAN, Topologi Jaringan,Peer To Peer,Client-server dan Jaringan Hybrid

  
1.  Asynchronous Transfer Mode
ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang, dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.
ATM beroperasi mulai dari 25 MBps sampai 622 MBps. ATM adalah suatu bentuk teknologi paket switching yang menggunakan sel data dengan panjang tetap (53 byte) pada sirkuit virtual. Dengan ukuran sel data yang tetap dan kecil, memungkinkan switching pada kecepatan dengan throughput tinggi. Dengan delay yang sangat kecil dan waktu interval yang tetap antar sel data, memungkinkan aplikasi suara dan video dikirim lewat LAN dan berbagai jenis tipe data yang berbeda digabungkan dalam network yang sama. Walaupun ATM tidak mencapai kecepatan Gigabit di atas network, feature delay dan waktu interval menjadikannya teknologi potensial untuk LAN kecepatan tinggi membawa aplikasi multimedia.
ATM (Asynchronous Transfer Mode) adalah standar iInternational Telecommunication Union Telecommunication Standar Section (ITU-T) untuk cell relay informasi untuk beberapa layanan seperti voice, video, atau data. Jaringan ATM bersifat connection-oriented.
2. Pengertian LAN
Local area network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus,gedungkantor, dalam rumahsekolah. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
  • Karakteristik LAN :
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi serveryang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
3. Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu nodelink, dan station. Terdapat tiga macam topologi jaringan umum yang digunakan yaitu BusStar dan Ring.
  • Topologi Bus
Pada topologi bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh server dan workstation dihubungkan.
Kelebihan:
1. Peralatan lebih murah
2. Pemasangan instalasi lebih mudah
3. Perawatan lebih mudah
Kekurangan:
1. Apabila satu komputer kabel terputus maka seluruh jaringan mati
2. Pencarian masalah lebih sulit apabila terjadi kerusakan pada jaringan
  • Topologi Ring
Topologi cincin atau yang biasa disebut topologi ring adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Setiap komputer yang terhubung ke dalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dan berbentuk cincin atau melingkar.
Kelebihan :
1. kabel yang digunakan bisa lebih hemat
2. Menghubungkan secara langsung dua perangkat dalam jaringan
3. Identifikasi kerusakan mudah karena sinyal data selalu bergerak lurus dari perangkat pengirim sampai perangkat tujuan jadi lebih cepat
4. Terhubung satu sama lain
Kekurangan :
1. Jika kabel rusak maka semua perangkat yang terpasang pada jaringan tidak berfungsi
2. Pengembangan jaringan lebih susah karena setiap komputer saling terhubung
3. Apabila satu link tidak berfungsi akan berpengaruh pada link lainnya
4. Perawatan dan pengelolaannya lebih sulit
  • Topologi Star
Pada topologi star, masing – masing workstation dihubungkan secara langsung server. server  ini dapat berupa switch atau hub. 
Kelebihan:
1. Transfer data lebih cepat
2. Apabila komputer satu mati tidak mengganggu keseluruhan jaringan
3. Lebih mudah mencari masalah jaringan atau koputer yang mati
4. Flexible untuk ditempatkan
Kekurangan:
1. Biayanya mahal
2. Boros kabel
3. Apabila control mati atau rusak, jaringan mati semua.
4. Peer To Peer
Peer-to-peer Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
  • Kelebihannya :
1.Pelaksanaan tidak terlalu mahal
2. Tidak membutuhkan software server NOS (Network Operating System)
3. Tidak membutuhkan administrator network yang handal
  • Kekurangannya :
1. Tidak cocok untuk network skala besar, administrasi menjadi tidak terkontrol
2. Tiap user harus dilatih untuk menjalankan tugas administrative
3. Keamanan kurang
4. Semua mesin yang sharing resource tidak mempengaruhi performa
5.  Client-server
Clieny server Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
Kelebihan :
1. Memberikan keamanan yang lebih
2. Lebih mudah pengaturannya bila networknya besar karena administrasinya disentralkan
3. Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral
Kelemahan :
1. Membutuhkan software NOS yang mahal contoh : NT atau server Windows 2000, XP,Novell, UNI
2. Membutuhkan hardware yang lebih tinggi dan mahal untuk mesin server
3. Membutuhkan administrator yang profesional
4. Mempunyai satu titik lemah jika menggunakan satu server, data user menjadi tak ada jika server mati.
6. Jaringan Hybird
Topologi hybrid adalah topologi yang tersusun dari beberapa topologi atau dapat dikatakan topologi hybrid adalah topologi gabungan dari beberapa jenis topologi yang lainnya.  ini berarti pengguna dalam jaringan dapat mengakses sumber daya yang dishare oleh jaringan peer, sedangkan di waktu bersamaan juga dapat memanfaatkan seumber daya yang disediakan oleh server.
Keuntungan jaringan hybrid adalah sama dengan keuntungan menggunakan jaringan berbasis server dan berbasis peer. Jaringan hybrid memiliki kekurangan seperti pada jaringan berbasis server.

Post a Comment

Post a Comment